Ikuti Kami di :            

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037, [email protected]

Omah Jurnal Sunan Giri Berprestasi dengan Publikasi:  dan Esai Ringkas untuk Makin Progresif

October, 19 2022 09:43
Oleh Dawam M. Rohmatulloh

[catatan editor: esai ini diterbitkan pertama kali dalam Buletin Sunan Giri Edisi Dies Maulidiyah & Wisuda INSURI Ponorogo November 2021]

Di tahun ketiganya, Omah Jurnal Sunan Giri (OJSG) semakin mantap dalam menjalankan program-programnya di bidang publikasi ilmiah. Sebagai hasil dari kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas (jargon yang dipopulerkan oleh seorang calon kepala daerah pada tahun 2017 dan belakangan marak diadaptasi juga di lingkungan Kementerian Agama), serta bekerjasama juga dengan beberapa lembaga sebidang seperti Rumah Jurnal IAIN Ponorogo, Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Forum Redaktur Jurnal Kopertais IV (FOREDJ), dan Asosiasi Relawan Jurnal PTNU (ARJUNU), saat ini OJSG mulai memetik hasilnya.

Sebagai informasi, pada saat dibentuk pada tahun 2019, OJSG menaungi tujuh jurnal  ilmiah pertama yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo dengan fokus dan skop yang beragam, yakni:

1.  Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, jurnal tingkat institut yang mulai terbit sejak tahun 2005 dengan pengelolaan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LP2M). Saat ini, jurnal tertua di INSURI ini terakreditasi SINTA 4 dan terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ).

2. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana. Saat ini, jurnal yang terbit sejak tahun 2008 ini telah terakreditasi SINTA 3 dan terindeks DOAJ.

3. Muharrik: Jurnal Dakwah dan Sosial yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah pada tahun 2018 dan telah terakreditasi SINTA 3.

4. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah pada tahun 2019. Saat ini, jurnal ini sedang dalam tahap penilaian akreditasi jurnal nasional (ARJUNA).

5. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam diterbitkan oleh Fakultas Syariah pada tahun 2019.

6. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement yang diterbitkan oleh LP2M pada tahun 2020. Saat ini, jurnal khusus bidang Pengabdian kepada Masyarakat ini telah terindeks DOAJ dan juga dalam proses penilaian ARJUNA.

7. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada tahun 2020.
 
Bukan sekedar pajangan sejarah
Sejalan dengan pernyataan Ketua OJSG tahun 2019-2021, Arik Dwijayanto, MA., yang kini Dekan Fakultas Dakwah, “Kampus yang mengabaikan publikasi ilmiah hanya akan jadi pajangan sejarah,” OJSG kini berhasil menunjukkan bahwa INSURI Ponorogo bukan sekedar kampus tertua di Ponorogo, bukan pula sekedar kampus yang cukup puas jadi pajangan sejarah, bahkan bukan pula sekedar kampus yang peduli publikasi ilmiah; kampus hijau yang didirikan oleh para Kyai NU ini adalah kampus yang sanggup berprestasi di bidang tersebut.

Dalam kegiatan Rapat Pimpinan PTKIS di Malang, 14 Oktober 2021, silam, Rektor INSURI Ponorogo, Dr. H. M. Suyudi, M.Ag., menerima penghargaan sebagai salah satu kampus terbaik pengelola jurnal di lingkungan Kopertais IV Surabaya. Capaian tersebut tentunya menjadi penyemangat bagi pengurus OJSG untuk menjadi lebih baik lagi. Persis seperti jargon yang belakangan ini kerap disematkan oleh tim Humas INSURI dalam publikasi media sosialnya: Kampus Progresif.

Kedua hal tersebut, capaian prestasi dan cita-cita progresivitas, mesti dititiktemukan melalui sebuah tindakan nyata. Apalagi saat ini OJSG telah tumbuh makin besar; tidak hanya bertambah usianya, tapi juga kualitas serta kuantitas jurnal yang dikelola.

Akhir tahun 2020, Program Pascasarjana kembali menerbitkan jurnal baru, yaitu Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora. Kemudian pada tahun ini, 2021, geliat penerbitan jurnal makin pesat, di mana hampir semua program studi di INSURI memiliki jurnal sendiri. Mengikuti jejak Prodi PBA sebagai pionir, Prodi PGMI menyusul dengan menerbitkan jurnal kesembilan, Basica: Journal of Arts and Science in Primary Education, dan Prodi PIAUD dengan jurnal kesepuluh, Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development.

Dari Fakultas Dakwah, Prodi Komunikasi dan Penyiaram Islam (KPI) menerbitkan jurnal kesebelas, JCS: Journal of Communication Studies, dan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) menerbitkan jurnal keduabelas, JCD: Journal of Community Development and Disaster Management. Adapun Fakultas Syariah oleh Prodi Ekonomi Syariah (ES) menerbitkan jurnal ketigabelas, I-JIEF: Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance.

Sebagai bagian dari keluarga besar INSURI yang juga bertugas di OJSG, penulis berharap bahwa ke depan OJSG akan makin baik lagi, bersama-sama dengan kampus INSURI Ponorogo untuk dapat makin progresif lagi. Harapan serta tantangan di masa mendatang, tentunya bukan hanya harus dijawab oleh Ketua OJSG 2021-2025, Khoirul Fathoni, ME, atau oleh anggota-anggotanya, tapi menjadi harapan dan tantangan untuk kita semua, sivitas akademika INSURI Ponorogo. Senafas dengan utas lirik mars yang kita hafal betul: INSURI Tetaplah Jaya!.